Sabtu, 21 Agustus 2010

Rumah Adat Kampung Ciptagelar


Kampung Ciptagelar

Lokasi : Kampung Suka Mulya,Desa Sinar Resmi,Kec.Cisolok,Kab.Suka Bumi
Batas Wilayah : Kampung ini terletak di Kawasan Hutan Konservasi Taman Nasional Gunung Halimun bagian selatan,di ketinggian 1.050 meter dpl .
Kampung Ciptagelar di kelilingi Gunung Surandil,Gunung Karancang, Dan Gunung Kendeng .
Sekilas : Kampung ini memiliki ciri khas dalam lokasi ,bentuk rumah dan tradisi serta merupakan tempat tinggal para sesepuh . Ciptagelar di pimpin oleh abah Anom yang menjadi sesepuh dalam usia sangat muda yakni 17 tahun. Dia merupakan struktur tertinggi dalam pemerintahan dan di bantu oleh Baris kolot (tertua) Cipta Gelar .
Tahun 1960 ,Ciptagelar mempunyai nama khusus yakni Perbu,Kemudian berganti menjadi kasepuhan atau kesatuan . Lalu tahun 2010 kampung yang awalnya bernama Ciptarasa ini berganti nama menjadi Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar,setelah Abah Anom mendapat wangsit untuk pindah ke desa Sirna Resmi .
Matapencaharian desa Ciptagelar rata-rata bertani,bercocok tanam padi,berternak,dan berkebun. Masyarakat kampung ini beragama Islam,tetapi unsur animise dan dinamisme masih kental,tradisi adat yang di lakukan setiap tahunnya yaitu Seren Taun,yang merupakan rasa syukur atas keberhasiulan panen setiap tahunnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar