Sabtu, 21 Agustus 2010

Rumah Adat Kampung Urug


Kampung Urug

Lokasi : Desa Kiara Pendak Kec.sukajaya ,Kab.Bogor .
Batas wilayah : Utara;Tajur , selatan ; Mandaya , Timur : pasirpeuteuy , Barat : Pasirmadang .
Dialiri sungai ciapus ,Cidurian,dan anak sungai Ciapus.
Jarak kampung Urug dari Bandung sekitar 165 km kearah barat dan jarak dari Cibinong sekitar 42 km . Kampung Urug dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat .
Sekilas : Menurut penuturan warga,Riwayat Kampung Urug merujuk pada kejayaan kerajaan Pajajaran pada abad ke 15 , ketua adat di kampung ini juga mengaku merupakan keturunan Prabu Siliwangi,menurut cerita yang ada di masyarakat,sejarah beberapa kampung adat lain seperti ciptagelar dan Baduy juga berkaitan dengan sejarah kerajaan pajajaran.>Nama urug sebenarnya berasal dari kata “Guru“.Menurut pikukuh adat kepercayaan kampung Urug sudah berdiri sejak 450 tahun lalu.
Kampung dengan luas 9 hektare ini dihuni oleh 692 KK atau sekitar 2.894 jiwa.sebanyak 85 persen masyarakat menggantungkan hidupnya pada petani dan sisanya sebagai pedagang dan buruh tani.
Di kampung ini di bangun Gedung Ageung yang merupakan pusat kewenangan kepemimpinan adat.Selain itu t, terdapat juga Gedong Alit dan Gedong Pangkaleran.
Tiga kepemimpinan yang mengendalikan keberadaan kampung ini antara lain Ki Koloyt okat atu disebut juga Kokolot Leubak,Kikolot amat atau disebut juga Kokolot Tengah,dan Kikolot Tengah bernama Rajaya.
Sedikitnya ada 7 kegiatan warisan leluhur yang masih dilaksanakan oleh warga Kampung Urug hingga kini,yaitu Sidekah Bumi ,Seren Taun,Rowahan,Muludan,Muharaman,iduladha,dan idulfitri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar