Sabtu, 21 Agustus 2010

Rumah Adat Kampung Panjalu & Bumi Segandu Sayak Losarang



Kampung Panjalu
Lokasi : kec.Panjalu, Kab.Ciamis
Sekilas : Berdasarkan sejarah di daerah ini dulu pernah berdiri kerajaan besar bernama panjalu.kampung ini sangat terkenal dengan upacara adat nyangku yang digelar untuk mengingat jasa dan perjuangan para leluhur.yakni Prabu sanghiang Boros Ngora.Dia adalah salah seorang raja panjalu yang cukup terkenal.Sebelum menjadi raja dia sempat ke mekkah berguru mengenai ilmu-ilmu keislaman.
Konon disana dia berguru langsung dengan syaidina Ali sahabat Rosullah saw. Seusai berguru Prabu Boros Ngora diberi cendera mataberupa pedang dan air zam-zam. Hingga sekarang ucapan adat Nyangku ini masih dilakukan oleh masyarakat Panjalu. Yakni ritus membersihkan benda pusaka yang disimpan di Pasucian Bumi Alit.
Bumi Alit dulu hanya berupa bangunan kecil yang dibangun dari bamboo, kayu, ijuk. Pada 1955 diadakan pemugaran yang menjadikan bumi Alit berbeda dan kelihatan modern….

Kampung Bumi Segandu Sayak Losarang
Lokasi: Kampung segandu, Desa Krimun, Kecamatan Losarang , Kab Indramayu.
Sekilas: Nama komunitas masyarakat ini mengandung beberapa arti atau memiliki kandungan filosofis, yaitu bahwa setiap manusia berjalan dan berdiri diatas masing-masing untuk mencapai tujuan sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing : manusia memilih mana yang benar dan mana yang salah : manusia dilahirkan dari kandungan sang ibu (perempuan): setiap manusia dilahirkan dalam keadaan telanjang : kekuatan hidup:ibu ( perempuan) merupakan sumber hidup karnanya wajib menghormati kaum perempuan.
Komunitas ini meneladani kelima tokoh pandawa yang terdiri atas Yudistira, Bima, Arjuna, nakula dan Sadewa. Serta sang Semar yang dipandang seorang sangmaha guru yang sangat bijaksana. Ajaran dari kelompok Dayak Indramayu dinamakan dengan sebutan Sejarah Alam Ngaji Rasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar